Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Riset dan Pengembangan Mahasiswa (KRPM) Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) gelar webinar PENA (Pekan Menulis Ilmiah Unhasy 2023) dengan tema “Membangkitkan Kepenulisan Ilmiah Mahasiswa Berwawasan Nasionalisme dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Acara ini digelar selama dua hari, pada tanggal (9-10 November 2023) via daring. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 3, Chamdan Mashuri, S. Kom, M. Kom., sebagai keynote speaker, Dr.(c) Billy Lazuardi, S.E., M.M sebagai narasumber dan acara ini dimoderatori oleh Rocky Ardiansyah Yudistira Putra, S.Kom., CBPA., C.Ed

Menurut Direktur UKM KRPM, Adillah Firdaus, S. Pd., menjelaskan bahwa PENA Unhasy 2023 merupakan program kerja tahunan pertama UKM Komunitas Riset dan Pengembangan Mahasiswa Unhasy.

“PENA Unhasy 2023 merupakan program kerja tahunan pertama UKM Komunitas Riset dan Pengembangan Mahasiswa Unhasy. Kegiatan ini memiliki beberapa rangkaian acara. Pada bulan September dibuka Call For Book Chapter atau program menulis buku bunga rampai. Lalu puncak acara yakni webinar nasional selama dua hari berturut-turut pada 9 dan 10 November 2023,” jelasnya.

Di samping itu, ia mengatakan, “Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk memberikan motivasi dan ilmu penulisan ilmiah terutama buku dan jurnal bagi mahasiswa seluruh Indonesia. Dengan adanya webinar ini diharapkan mahasiswa seluruh Indonesia mampu memberikan kontribusi terbaiknya khususnya bidang akademik. Hal ini sesuai dengan tema acara yang diselenggarakan yakni, “Membangkitkan Semangat Kepenulisan ilmiah Mahasiswa Berwawasan Nasionalisme dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045’,” imbuhnya.

Majalah Tebuireng
Iklan Tebuireng Online
Sedangkan Mentor UKM KRPM, sekaligus moderator PENA 2023 Rocky Ardiansyah Yudistira Putra mengungkapkan, webinar yang pada awalnya hanya ditargetkan memiliki pendaftar sebanyak 500 peserta ternyata jauh melebihi perkiraan. Ketika hari H berlangsung, ternyata jumlah pendaftar telah mencapai 1500 peserta.

Menurutnya, “Yang menarik dari acara ini adalah acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 3 Universitas Hasyim Asy’ari Chamdan Mashuri, S.Kom., M.Kom. sebagai Keynote speaker. Acara ini juga menghadirkan narasumber yang sangat keren dan luar biasa, yaitu Bapak Dr (c). Billy Lazuardi, S.E., M.M. yang berprofesi sebagai Dosen S1 dan S2 Universitas Jayabaya. Sekaligus seorang penulis dan editor buku di PT. Indonesia Emas Group serta sebagai Trainer di ESAS Management dan Staf Pemda DKI Jakarta,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Faikatul Jannah