Universitas Hasyim Asy'ari

Wisuda Unhasy 2021, Wisudawan Angkatan Spesial yang dihadiri oleh menteri agama dan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif

01 November 2021 / 76 Pembaca
Hari ini, Minggu, 31 Oktober 2021 Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang menggelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana Ke-30 dan Pascasarjana Ke-19. Acara wisuda berlangsung secara virtual ini tidak menyurutkan semarak dan semangat para wisudawan dan wisudawati Unhasy tahun 2021. Karena momen wisuda ini telah mereka nanti-nantikan sebelumnya. 

Acara wisuda kali ini masih berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. Setelah berlangsung acara ceremonial pembukaan wisuda dengan menampilkan profil Unhasy yang disertai dengan beberapa prestasi yang sudah dicapai akhir-akhir ini, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan Unhasy. Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Unhasy, Prof. Dr. H. Imam Suprayogo menyampaikan bahwa Unhasy merupakan universitas yang berbasis pesantren, oleh karena itu tidak hanya melahirkan para lulusan yang dikatakan oleh banyak orang siap kerja yang kaya akan ilmu keterampilan tetapi sebagai lembaga pendidikan yang ada di pesantren maka yang justru diutamakan adalah akhlak. Kehidupan spiritual sebagaimana yang dikembangkan di pesantren pada umumnya, karena itulah saya berkali-kali mengajak para mahasiswa dalam berbagai kesempatan, Ayolah kita kembangkan amalan spiritual keagungan akhlak keluasan ilmu dan kematangan profesional, kaya ilmu dan profesional tidak cukup dalam kehidupan ini, tetapi ilmu dan profesional itu harus didasari oleh spiritualitas dan Akhlak Yang Mulia. 

Selanjutnya adalah sambutan Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, Ph.D.. Dalam sambutannya, beliau berharap mudah-mudahan para wisudawan yang dikukuhkan hari ini mendapatkan ilmu, keterampilan dan juga skill yang bermanfaat serta dapat turut serta berperan aktif dalam pengamalan maupun pengembangan ilmu pengetahuan dan mampu tampil ke depan menjadi pelopor dalam membangun dan membina peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing. 

Acara selanjutnya adalah sambutan Rektor Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Prof. Dr. H. Haris Supratno. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang mengikuti acara ini. Juga ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta menyukseskan acara wisuda ini khususnya Menteri Agama RI, K.H. Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno yang berkenan memberikan sambutan dan orasi ilmiah pada acara wisuda ini. 

Ketua Ikatan Alumni Unhasy, IKA Unhasy, juga diberikan kesempatan untuk menyampaiakan apresasinya pada acara wisuda. Dalam sambutannya, Ketua IKA Unhasy, Dr. H. Hanufuddin, M.Ag. menyampaikan bahwa selamat bergabung para lulusan Wisuda Unhasy kali ini sebagai keluarga besar Ikatan Alumni Unhasy, semoga para alumni dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah. 

Sambutan selanjutnya oleh Menteri Agama RI, K.H. Yaqut Cholil Qoumas, beliau menyampaikan bahwa Unhasy merupakan perguruan tinggi yang memiliki karakter dan keunggulan karena berada di lingkungan Pesantren Tebuireng yang mampu melahirkan generasi penerus yang memiliki keilmuan agama yang kuat. Beliau juga mengajak para wisudawan untuk menjadi garda terdepan dalam mengimplementasikan ilmunya dalam membantu masyarakat, menjaga NKRI dan Nahdlatul Ulama. 

Acara inti dari kegiata Wisuda Unhasy kali ini adalah Orasi Ilmiah yang disampaiakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno. Dalam orasinya, Beliau menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh seluruh wisudawan dan wisudawati Universitas Hasyim Asy'ari, walaupun masih di tengah kondisi pandemi covid-19 hal ini justru menjadikan para wisudawan dan wisudawati menjadi angkatan yang sangat spesial. 

Laporan Ketua Panitia Wisuda Unhasy 2021, Ginanjar Setyo Permadi, S.Kom., M.Kom. menjadi rangkaian acara sambutan berikutnya. Disampaikan bahwa Wisuda Sarjana Ke-30 dan Pascasarjana Ke-19 Universitas Hasyim Asy'ari mengukuhkan sebanyak 586 wisudawan yang terdiri atas lulusan program Strata 1 atau Sarjana sebanyak 519 mahasiswa dan program Pascasarjana atau Magister sebanyak 67 mahasiswa.