Universitas Hasyim Asy'ari

LEMBAGA BAHASA UNHASY GELAR SEMINAR WORKSHOP TOAFL

25 November 2017 / 89 Pembaca
Dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa asing, Lembaga Bahasa Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) atau disingkat LBU Tebuireng mengadakan acara seminar Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL) di Aula lantai 3 Gedung Rektorat kampus tersebut pada Kamis (23/11/2017).

Sebelumnya, LBU juga mengadakan Seminar TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Seminar kali merupakan seminar yang ke-5 pada bulan ini yang diadakan oleh LBU. Berbeda dengan seminar kebahasaan lainnya yang diadakan oleh LBU, seminar TOAFL dan TOEFL ini tidak hanya menyasar mahasiswa, tetapi juga untuk dosen dan kalangan umum.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor II Unhasy, Drs. H. Muhsin Ks. Dalam sambutannya Pak Muhsin, sapaan akrabnya, mengapresiasi langkah-langkah LBU dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang bahasa asing, khususnya Arab dan Inggris. Ia berharap dengan seminar TOEFL dan TOAFL oleh LBU Unhasy dapat meningkatkan daya saing mahasiswa Unhasy dalam bidang bahasa asing.

Seminar TOAFL ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta, yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Seminar ini diiisi oleh tiga narasumber yang faktual dalam dua bidang bahasa asing itu, Lailatul Qomariyah, Muhammad Setyabudi, dan Fathur Rahman. Mereka merupakan dosen-dosen Unhasy sendiri yang berpengalaman di bidang tersebut.

Selain seminar ini, juga LBU juga akan mengadakan lomba-lomba PIBA (Pengembangan Ilmu Bahasa Asing)  pada akhir semester nanti. Perlombaan itu akan diadakan oleh LBU dalam format antar kelas di setiap program studi di Unhasy.

"Dengan adanya seminar-seminar seperti ini, harapannya semua mahasiswa khususnya  mahasiswa unhasy dapat mengambil manfaatnya, dan agar lebih mengetahui tentang TOEFL dan TOAFL. Agar mahasiswa lebih maju lagi, dan diharapkan mahasiswa selalu aktif pada kegiatan seminar maupun pelatihan," harap Yusuf selaku Ketua Pelakasana Seminar TOEFL dan TOAFL LBU.

Seperti yang diketahui, TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat, sedangkan TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) merupakan tes Bahasa Arab yang fokus pada pemahaman terhadap kosa kata dan ungkapan-ungkapan seta keterampilan menyimak atau mendengar Bahasa Arab. Keduanya sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam proses keberlanjutan studi mereka, khsusunya untuk melanjutkan studi ke kampus prestisius baik di dalam maupun di luar negeri.